11 Maret 2014

Anime Tokusatsu Hiburan Untuk Anak-anak

berpartisipasi dalam WAKUWAKU JAPAN


"WAKUWAKU JAPAN"

 Selain menayangkan acara musik, drama, dan entertainment, "WAKUWAKU JAPAN" juga menayangkan program hiburan untuk anak-anak, yakni dalam program Anime/Tokusatsu. Program acara ini menampilkan film kartun dan heroes. Diantaranya berjudul: Bottom Biting Bug, Ultraman Cosmos, Masked Rider Black, dan Casshan.

Salah satu film kartun yang cukup menghibur sekaligus bisa menjadi pelajaran buat anak-anak bertajuk Bottom Biting Bug. Dalam film yang disiarkan dari hari Senin hingga Sabtu pukul 07.15 – 07.30 Wib dengan pemeran utama Oshirikajiri Mushi yang hidup pada abad 18 (umur 10 tahun). Dia suka menyanyi dan menari dengan riang gembira tanpa rasa lelah.

Lucunya, apabila bokong seseorang digigit oleh Oshirikajiri Mushi dengan benar, maka orang yang badannya bongkok bisa menjadi tegap, orang yang sedang sedih bisa tertawa, orang yang tidak percaya diri justru bisa menjadi percaya diri, sehingga menjadi sehat dan ceria berbeda dari biasanya.

Tentu saja tidak semuanya berhasil, tak terhitung berapa jumlah kegagalannya. Namun satu hal yang bisa diambil dari serial kartun ini adalah sifat hiburan dan berbagai kelucuan yang diciptakan Oshirikajiri sehingga anak-anak merasa senang dan terhibur.

Satu lagi film anak-anak yang tak bisa dilewatkan, yakni Ultraman Cosmos. Buat para orang tua yang sekarang sudah punya anak kecil tentu dulunya pada tahun 90an suka pada karakter film anak satu ini. Meski sudah lama diproduksi, tapi film ini masih sangat disukai anak-anak. Serial tokusatsu yang sangat popular di Jepang ini mengisahkan tentang Ultraman Cosmos datang di bumi dan bertemu dengan Haruno Musashi.

Ultraman Cosmos membasmi para monster yang tinggal di wilayah terisolasi dan hidup bersama manusia. Pada suatu hari, benda misterius bercahaya datang dari luar angkasa dan merasuki monster Ridorias yang berada di wilayah terisolasi. Ridorias lalu berubah wujud menjadi sosok yang menakutkan dan mulai membuat kerusuhan. Musashi yang menjadi kadet pilot di Pusat Pengembangan Luar Angkasa SRC terpojok ketika hendak menolong Ridorias, lalu ditolong oleh Ultraman Cosmos. Musashi yang telah menyelamatkan Ridorias bersatu dengan Ultraman Cosmos. Berkat tindakannya yang gagah berani tersebut, Musashi menjadi anggota unit investigasi khusus: TEAM EYES. Mereka menghadapi musuh yang bernama Chaos Header sambil melindungi para monster. Ultraman Cosmos disiarkan Senin - Jumat pukul 17.30 - 18.00 wib

Di Indonesia tokoh hero satu ini biasa disebut Kesatria Baja Hitam. Judul aslinya Masked Rider Black. Serial yang ditayangkan setiap hari Senin – Jumat pukul 06.30 – 07.00 Wib ini menceritakan tentang Minami Kotaro (mahasiswa) bersama sahabatnya, Akizuki Nobuhiko, diculik oleh Gorgom, kelompok kegelapan. Mereka kemudian menerima transplantasi King Stone (Batu Matahari) dan diubah menjadi Raja Century yang akan menjadi kandidat Raja Penciptaan oleh tiga pendeta Gorgom.

Menurut catatan Akizuki Soichiro yang menyelinap ke dalam markas kelompok tersebut menyebutkan bahwa ia tidak akan membiarkan ingatan sebagai manusia dihapus dari anak-anaknya tersebut. Kotaro yang berhasil melarikan diri menggunakan motor belalang tempur yang disiapkan Gorgom untuk Raja Century sesaat sebelum transplantasi otak, tertangkap dan diserang oleh tiga pendeta Gorgom. Dalam serangan tersebut, tubuh Kotaro yang berwujud aneh seperti belalang berubah menjadi sosok Black Sun. Kotaro kemudian menyebut dirinya sebagai Ksatria Baja Hitam setelah kematian Soichiro. Pertarungan untuk menyelamatkan Nobuhiko dan memusnahkan Gorgom pun dimulai.

Tak ketinggalan satu lagi film kartun dengan tajuk Casshan. Film yang disiarkan Sabtu & Minggu pukul 20.00 – 20.30 Wib ini sarat dengan ilmu pengetahuan. Berkisah tentang para Ranger Eksperimen yang menggunakan kostum tiga warna, yang kadang-kadang menggunakan tubuh mereka sebagai alat untuk praktik. Acara ini menyampaikan bagaimana keasyikan dari sebuah ilmu pengetahuan ke berbagai generasi dari mulai anak SD sampai orang dewasa melalui berbagai eksperimen yang diulang berkali-kali, sampai mendapatkan kesuksesan dengan skala besar dan membuktikan dan menyelesaikan hukum alam. Sebuah acara TV yang memasukan unsur Hiburan dalam melukiskan sebuah ilmu pengetahuan dengan gaya berbeda sehingga membuat siapapun tercengang melihatnya.

Tidak ada komentar: