18 April 2014

Keuntungan Menjadi Blogger





I A.M BLOGGER

Kegiatan berselancar di dunia maya kini bisa dilakukan oleh siapa saja, baik orang dewasa, remaja, maupun anak-anak. Sebagai sumber informasi dan pengetahuan, kehadiran internet sangat dibutuhkan. Mengakses internet semudah membalikkan telapak tangan.

Bahkan melalui layar ponsel kita bisa mengakses internet. Apalagi dengan populernya penggunaan media jejaring sosial seperti; facebook, twitter, badoo, two, linkedin, dan lain sebagainya, merubah pola dan gaya hidup masyarakat ke dalam budaya pergaulan yang lebih mengglobal.

Namun kehadiran internet di tengah masyarakat juga seperti dua sisi mata uang yang membawa pengaruh positif dan negatif. Di satu sisi banyak hal baik dan bermanfaat bisa didapat di internet, bahkan bisa membuka peluang usaha secara luas. Internet juga bisa menjadi media edukasi masyarakat.

Tapi semua itu juga tergantung pada diri kita sendiri. Apakah kita akan menjadi bagian sampah di internet atau menjadi mutiara yang berharga. Saran saya, terutama buat para kaum muda, jangan biarkan waktu luang kalian berselancar di dunia maya dengan kegiatan tidak berguna. Kembangkan potensi, bakat, dan kemampuan kalian melalui media internet.

Salah satu media yang sangat besar sekali manfaat dan keuntungannya buat kita berekspresi dan beropini dengan lebih bebas tapi bertanggung jawab, yakni nge-blog alias menulis di blog. Sekarang banyak platform blog yang disediakan secara gratis. Baik itu blogger, wordpress, kompasiana, blogdetik, dan banyak lagi lainnya.

Kalian pasti kenal dengan Raditya Dika, kan? Nah, dia tuh jadi terkenal setelah menulis pengalaman dan cerita-cerita menarik di seputar kehidupannya melalui media blog. Buku-buku yang berisi kumpulan tulisannya di blog menjadi best seller. Lalu ada Agnes Davonar yang menulis Surat Kecil Untuk Tuhan di blog pribadinya yang kemudian diangkat ke dalam novel dan film!

Saya sendiri memiliki blog yang dinamai Baca Bersama. Kenapa memakai nama Baca Bersama? Karena saya berharap blog saya ini bisa dibaca oleh semua orang tanpa batas umur. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa bisa membaca konten yang ada di dalamnya, karena bebas dari pornografi dan scam. Tema blog saya adalah Membaca akan memperkaya wawasan, menambah ilmu pengetahuan, memperluas cakrawala berpikir, dan memperhalus budi pekerti.

Saya mengisi blog ini dengan tulisan saya berupa karya fiksi, artikel, dan informasi-informasi yang berguna. Kebetulan saya seorang penulis yang telah menekuni dunia literasi lebih dari duapuluh tahun. Saya memajang cerpen-cerpen, novelette, artikel, dan beberapa tulisan saya yang pernah dimuat di media massa. Dengan menampilkan karya saya ini, saya bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada para pembaca.

Pernah saya punya pengalaman dikontak oleh beberapa orang, kebanyakan anak-anak remaja, yang meminta saya mengajari mereka cara menulis karangan yang baik. Ketika saya tanya, dari mana mereka tahu kalau saya seorang pengarang? Ternyata mereka telah mengakses blog pribadi saya Baca Bersama dan membaca karya-karya saya. Dengan senang hati saya membantu mereka.

Jadi keuntungan nge-blog kita bisa berinteraksi dengan orang-orang, berbagi ilmu dan pengalaman, serta membantu kita mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki. Banyak sekali diadakan lomba menulis dengan menggunakan platform blog. Saya sering mengikuti kompetisi menulis antar blogger ini. Dan Alhamdulillah, beberapa ada yang menang dan mendapatkan hadiah. Rasanya senang sekali ketika tulisan kita mendapat apreasiasi yang tinggi.

Apalagi sekarang saya menjadi member di B Blog yang juga memberikan beberapa keuntungan. Apa itu B Blog? BBlog merupakan layanan terbatas yang ditujukan hanya untuk anggota, agar dapat merasakan pengalaman menarik saat menyebarkan suatu informasi melalui sebuah blog. Saat kita mendaftarkan diri sebagai anggota, kita akan dikenalkan pada beberapa "proyek". Setelah kita melakukan ulasan atau review di blog, kita akan mendapatkan fee. Bagus, kan?

Jadi buat kalian yang belum menjadi anggota B Blog, segera daftar agar bisa dapat pengalaman yang sangat menyenangkan. Daftarnya gratis, kok. Yang penting kalian harus rajin menulis di blog. Karena setiap saat kita akan disodorkan proyek berupa mereview suatu jasa atau produk untuk dituliskan di blog. Kita juga akan dikirimi produk makanan, kosmetik, dll sebelum produk itu dipasarkan. Kita juga akan diundang untuk turut serta dalam acara tukar pendapat mengenai produk pada sebuah diskusi kelompok, talk show, dll. Pokoknya banyak banget keuntungan dengan menjadi member B Blog!

Dan saat ini B Blog juga sedang menggelar kompetisi menulis di blog yang berlangsung dari 17 April s/d 17 Mei 2014. Hadiahnya cukup menggiurkan, man. Berikut daftar hadiahnya:
  • Juara I : 1 unit LG Nexus 5
  • Juara II : 1 unit Lenovo Vibe X
  • Juara III : Uang tunai sebesar 1.500.000
  • Juara IV : Uang tunai sebear 1.000.000
  • Juara V : Uang tuanai sebesar 500.000

So, buruan daftar DI SINI.


Acara ini di organisir oleh B Blog Indonesia  
Dan di sponsori oleh : 
@princess_butik (link : www.instagram.com/princess_butik
@japansoftlens (link : www.instagram.com/japansoftlens
@keziashop (link : www.instagram.com/keziashop
@kissindonesia (link : www.instagram.com/kissindonesia
@lumiere_corner (link : www.instagram.com/lumiere_corner
@galerikuku (link : www.instagram.com/galerikuku)

2 komentar:

rie mengatakan...

BBlog ini harus daftar dulu ya? Kemudian baru ada order/ijin utk bisa ikutan?
#saya baru daftar

Eko Hartono mengatakan...

Ya, mbak. Nanti setelah daftar akan mendapat email balasan untuk dikonfirm. Setelah login, nanti bisa langsung masuk ke halaman pribadi. Disana ada proyek yang diajukan untuk diikuti. Seperti proyek I.AM Blogger. Ada beberapa periode lomba menulis di blog dengan batas waktu pengiriman postingan yang sudah ditentukan.