21 Mei 2014

Limapuluh Ribu Bisa Rekreasi





Mungkin demikian pertanyaan yang hinggap di benak orang. Zaman sekarang uang segitu mah hanya cukup buat makan satu orang sehari!

Tapi bagaimana kalau saya bilang, dengan uang 50 ribu bisa nraktir pacar sekalian ngajak rekreasi! Nggak percaya?

Coba simak baik-baik!

Rumah saya berada di kecamatan Tirtomoyo, sekitar enampuluhan kilometer dari kota Wonogiri. Jika mau ke Solo melewati kabupaten Wonogiri dan kabupaten Sukoharjo dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Jadi pulang pergi 3 jam!  

Nah, kita punya planning mengajak pacar berkunjung ke Taman Rekreasi Jurug yang berada di kota Solo. Kenapa Taman Jurug? Karena obyek wisata ini merupakan tempat rekreasi favorite warga Solo dan sekitarnya. Taman Jurug dibangun diatas lahan seluas 14 hektar dan mempunyai Kebon Binatang dengan koleksi binatang yang cukup banyak sekitar 200 ekor lebih.



Taman Jurug buka setiap hari dari pukul 08:00-17:00 WIB. Biaya tiket masuk ke Taman Jurug Rp 6.000,- per orang untuk hari biasa, Rp 7.000,- per orang untuk hari libur. Sedangkan untuk anak-anak hari biasa dikenakan tarif Rp 3.000,- sedangkan hari libur Rp 4.000,-.

Memasuki pintu gerbang Taman Jurug, kita disambut oleh pepohonan rindang yang menjadikan suasana teduh dan nyaman (pas banget buat yang lagi pacaran). Di Taman Jurug ini kita bisa berkeliling sambil melihat beraneka satwa. Salah satunya yang tampak gambar di bawah ini. (Sorry, Mbah. Foto selfie sampeyan saya pajang di sini)



Atau jika kita berani bisa juga mencoba pengalaman baru dengan menaiki gajah atau kuda yang ada di kebun binatang ini (tapi lihat saja sudah senang, kok!).



Sebenarnya sebelum sampai ke Taman Jurug kita sudah dapat rekreasi tambahan gratis berupa pemandangan Waduk Gajah Mungkur yang eksotis. Ya, jika kita mau ke Wonogiri atau ke Solo akan melewati kawasan alas Kethu yang berada di wilayah kecamatan Ngadirojo.



Dari sisi jalan raya sebelum memasuki kota Ngadirojo kita bisa sejenak berdiri di pinggir jalan menyaksikan hamparan air waduk GM amat luas yang ada di bawah sana. (Bagusnya kalau pas wayah (waktu) sunrise dan sunset! Wuih, romantis abisss…!!!)

Lalu, ke sana pakai apa?

Kebetulan ortu sudah beli YamahaFino F1 yang cukup handal dan irit. Dengan modal bensin 2,5 liter sudah bisa pulang pergi.



Terus makannya?

Nanti sebelum pulang mampir di warung hik yang banyak bertebaran di sepanjang pinggir jalan kota Solo. Ada salah satu warung hik yang murah meriah. Dengan uang sepuluh ribu rupiah kita bisa makan kenyang dengan lauk bergizi plus minum segelas teh manis. Pokoke, wuareg (kenyang) + wuenak tenannnn…!!!



Sekarang kita kalkulasi biayanya:

2,5 liter bensin  6500 x 2,5   = Rp. 16.250,-
2 tiket masuk Taman Jurug   = Rp. 12.000,-
2 porsi makan x Rp. 10 ribu  = Rp. 20.000,-
Jumlah total                          Rp. 48.250,-

Masih sisa Rp. 1.750,-. Buat apa ya?
Oya, lupa. Buat ngasih pengemis tua yang berpapasan di tengah jalan. Kasihan, mungkin dia belum makan. Beramal, meski sedikit ada pahalanya. Siapa tahu, nanti dapat rejeki lebih guedeee…! Amiiin!

Penasaran?
Coba saja!


Tidak ada komentar: