11 November 2009

Dampak Tarif Murah Telekomunikasi Seluler Bagi Kemakmuran Bangsa

OLEH EKO HARTONO.


Persaingan bisnis telekomunikasi seluler di Indonesia kini semakin ketat dengan munculnya beberapa perusahaan provider penyedia jasa layanan telekomunikasi seluler. Mereka berlomba-lomba mendirikan BTS (base transmition station) di beberapa pelosok daerah guna menjaring konsumen sebanyak-banyaknya. Kehadiran perusahaan operator seluler baru juga ikut menumbuhkan perekonomian dan menciptakan lapangan kerja baru.

Dengan munculnya beberapa perusahaan operator seluler memberikan banyak pilihan bagi masyarakat dalam menggunakan jasa telekomunikasi seluler. Masyarakat diuntungkan oleh persaingan diantara perusahaan operator seluler. Karena dengan adanya persaingan akan mendorong perusahaan-perusahaan itu untuk memberikan layanan yang berkualitas dan pengenaan tarif yang cukup murah. Beberapa perusahaan operator seluler juga memperkenalkan produk-produk unggulan dan melengkapi fasilitas layanan telekomunikasi selulernya dengan teknologi canggih atau yang diperbaharui.

Pengenaan tarif murah dalam layanan telekomunikasi seluler yang meliputi jasa telepon, SMS, MMS, browsing internet, 3G, 4G, dan lain sebagainya akan berdampak pada kualitas hidup masyarakat. Mengapa demikian? Karena dengan tarif murah masyarakat akan terbantu dan termudahkan dalam menjalankan aktivitas sosial maupun ekonomi. Mengingat kondisi masyarakat Indonesia yang rata-rata masih berpenghasilan rendah, maka pengenaan tarif murah ikut menekan biaya hidup. Warga masyarakat menjadi lebih mudah mengakses informasi, memperluas wawasan, dan memperdalam pengetahuan.

Dari segi kebutuhan sosial pengenaan tarif murah pada jasa layanan telekomunikasi seluler sangat membantu sekali. Mengingat budaya masyarakat di Indonesia yang masih kental dengan sistem kekeluargaan atau kekerabatan. Meski kehidupan semakin modern dan maju, namun masyarakat Indonesia tidak bisa menghilangkan sifat-sifat sosial mereka yang berakar pada nilai-nilai tradisional dan primordialisme. Kaum urban di perkotaan tidak bisa mengabaikan sanak kerabat mereka di kampung halaman. Mereka akan senantiasa menjalin hubungan silaturahmi dan komunikasi dengan keluarga, rekan, atau kerabat. Karenanya keberadaan jasa telekomunikasi seluler sangat penting artinya.

Sementara itu bagi para pekerja dan pebisnis, baik yang berada di kota maupun di daerah, sangat membutuhkan sarana komunikasi yang efektif bagi menunjang dan memperlancar kegiatan ekonomi mereka. Sarana komunikasi nirkabel (wireless) yang diselenggarakan oleh perusahaan operator seluler sangat membantu dalam menggerakkan roda bisnis. Kegiatan produksi, distribusi, dan pemasaran akan lebih efektif dan mencapai sasaran jika ditunjang oleh kelancaran dalam segi komunikasi.

Perusahaan operator seluler yang berhasil menjangkau seluruh wilayah nusantara, bahkan sampai ke daerah-daerah pelosok menjadi pilihan yang paling realistis bagi para pelaku bisnis. Keberadaan sarana telekomunikasi seluler juga ikut membantu pemerintah dalam menjalankan kebijakan dan program-program pembangunan. Pendeknya, keberadaan jasa telekomunikasi seluler sangat strategis dan vital artinya bagi kehidupan masyarakat. Karena dengan kehadiran layanan telekomunikasi seluler dapat menunjang segala aktivitas masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan.

Pengenaan tarif murah telekomunikasi seluler juga ikut mendukung program pendidikan dan ketrampilan. Sebab, segala macam informasi yang berhubungan dengan dunia pendidikan bisa diakses dengan lebih mudah dan cepat oleh masyarakat, khususnya para pelajar. Koneksi internet yang bisa diakses melalui ponsel (telepon seluler) dapat membantu membuka cakrawala pikir masyarakat terhadap dunia luar. Berbagai info berita, tips-tips praktis, aplikasi ketrampilan, dan lain sebagainya bisa diupdate atau dibrowsing langsung oleh pengguna jasa layanan telekomunikasi seluler.

Meski tak bisa dipungkiri bila mudahnya mengakses berbagai macam informasi melalui internet juga rawan oleh dekadensi moral dan budaya, namun banyak sekali manfaat dan hal-hal positif yang bisa didapat. Semua ini bergantung dari para penggunanya. Yang pasti keberadaan jasa telekomunikasi seluler yang memungkinkan masyarakat bisa berkomunikasi lintas wilayah tanpa mengenal batas teritorial, juga kemudahan dalam mengakses internet, memberikan banyak keuntungan dan manfaat besar. Masyarakat akan menjadi lebih maju, kreatif, dinamis, tidak gaptek, dan mampu menumbuhkan sifat kemandirian.

Karena salah satu kunci terciptanya kehidupan masyarakat yang lebih maju dan modern adalah kebebasan dalam mendapatkan informasi. Masyarakat akan menjadi lebih terbuka wawasan dan pemikirannya bila mampu menyerap segala macam informasi. Budaya intelektual akan tumbuh. Pola pikir yang berdasar pada rasionalitas akan berkembang. Kreativitas dan etos kemandirian menjiwai kehidupan masyarakat. Pada akhirnya, semua itu akan memberikan kontribusi positif pada kesejahteraan dan kemakmuran bangsa. Semoga!

Tirtomoyo, 5 November 2009

Tidak ada komentar: