10 Juli 2011

Bagaimana Cara Memotivasi Diri Agar Meraih Kesuksesan

Kita kerap mendengar kata sukses yang dianalogikan dan diinterpretasikan sebagai keberhasilan dalam mewujudkan suatu keinginan. Ukuran kesuksesan pun bagi setiap orang berbeda-beda. Karena kesuksesan tidak hanya menyangkut dalam segi materi, namun juga bisa berupa kepuasan batin atau jiwa. Contoh kecilnya; ketika seorang pemuda berhasil menyunting gadis yang disukainya, apakah kesuksesan semacam ini bisa diukur secara materi?

Tidak, bukan.

Maka, sebelum kita membahas lebih lanjut tentang usaha untuk mencapai keberhasilan atau kesuksesan, lebih dulu perlu ditekankan pentingnya mengenali diri. Setiap manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda, meskipun diantara mereka ada yang memiliki selera, hobi, atau keinginan yang mungkin sama, namun dalam mengekspresikan dan mempersepsikannya bisa berlainan.

Secara garis besar kepribadian dibedakan menjadi dua; yakni ekstrovert dan introvert. Kedua kepribadian itu pun tidak selamanya berlaku permanen. Pada saat-saat tertentu manusia bisa bersikap terbuka (ekstrovert) meskipun kepribadian dominannya adalah tertutup (introvert). Pun sebaliknya, orang ekstrovert bisa saja sangat tertutup.

Tapi pada dasarnya; semua manusia memiliki naluri atau hasrat yang sama dalam memperjuangkan kepentingan hidupnya. Selama dia masih bisa berpikir normal atau sehat, dia pasti menginginkan suatu keberhasilan dan kesuksesan dalam hidupnya. Entah, dalam wujud yang kecil, manusia selalu memiliki harapan atau ekspektasi.

Harapan atau ekspektasi inilah yang kemudian menjadi pijakan dalam bertindak dan berupaya untuk mencapai kesuksesan. Ini sudah menjadi modal dasar positif. Namun perjalanan untuk mencapai kesuksesan biasanya berliku, penuh tantangan, hambatan, kegagalan, rintangan, cobaan, ujian, dan sebagainya. Perlu motivasi dan energi ekstra dalam mewujudkan harapan itu. Kita tidak perlu mencari motivasi dari luar, tapi bisa tumbuh dari diri sendiri.

Ada beberapa tips untuk memotivasi diri:

1. Rumuskan harapan yang ingin kita capai. Sebelum kita melangkah pada suatu usaha, rumuskan dulu hal-hal yang perlu dilakukan. Kita buat semacam perencanaan dengan langkah-langkah yang sesuai dengan kemampuan dan besarnya peluang agar nantinya kita tahu sejauh mana target yang bisa tercapai.

2. Berpikir positif. Kita harus mengawali segala sesuatu dengan pikiran dan sikap positif. Jangan dulu menaruh rasa pesimis terhadap sesuatu yang belum pernah kita coba lakukan. Kalkulasi terhadap suatu resiko memang perlu, tapi hal itu bukan menjadi penghalang untuk berusaha. Jangan dulu berpikir tentang kegagalan, tapi berpikirlah jika orang lain bisa melakukannya kenapa saya tidak?

3. Kembangkan potensi. Sering orang berpikir bahwa dirinya tidak memiliki bakat atau potensi yang bisa dikembangkan. Pikiran itu keliru dan sesat. Banyak orang sukses yang berawal dari nol dan tidak tahu apa-apa. Bakat atau potensi itu tidak akan pernah muncul bila tidak digali dan dipupuk. Percayalah, sekecil apa pun potensi yang ada pada diri kita jika dikelola, dilatih, dan dikembangkan niscaya akan menjadi sesuatu yang besar.

4. Hargai diri sendiri. Banyak orang mengeluh dirinya tidak bisa berbuat apa-apa. Rasa minder lebih dulu muncul sebelum berbuat apa-apa. Ketidakpercayaan diri menjadi penggembos semangat saat memandang kesuksesan orang lain. Kita tidak sadar bahwa diri kita punya peluang sama meraih kesuksesan. Kita hanya perlu melihat hal apa yang bisa kita lakukan dan menghargainya sekecil apa pun usaha itu. Sebab, orang yang sudah sukses itu sangat menghargai dirinya sehingga dengan segala cara dan upaya berusaha menjadi yang terbaik. Dan kesuksesan yang kemudian diraih itu tak lain dari cara berterima kasih pada harga dirinya!

5. Jangan pernah menyerah. Dalam setiap usaha, kegagalan selalu menjadi hantu yang membayangi. Tidak ada kesuksesan tanpa ada cerita kegagalan di belakangnya. Karenanya, tanamkan semangat 45, pantang mundur dan pantang menyerah sebelum kemenangan tercapai. Trial by error adalah kata kunci dan slogan ampuh buat mereka yang merindu kesuksesan. Karena hanya mereka yang berjiwa kerdil dan pengecut takut pada kegagalan. Jadi tanamkan keyakinan bahwa kita pasti bisa bila mau berusaha! (*)

Tidak ada komentar: